Selasa, 17 Oktober 2017

F8 Resmi Dibuka, Kepala Bekraf Puji Gagasan Wali Kota Makassar

1 minggu yang lalu | 12:34 pm
F8 Resmi Dibuka, Kepala Bekraf Puji Gagasan Wali Kota Makassar

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (6/9/2017) – Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf resmi membuka event Makassar International Eight Festival and Forum (F8) dan Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) 2017 di Panggung City Of Makassar, Anjungan Pantai Losari, Makassar, Rabu (6/9/2017) malam.

Triawan memuji ide gagasan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto yang dituangkan dalam program inovasi berbentuk festival spektakuler, menghadirkan puluhan perwakilan negara-negara di dunia. “Luar biasa, belum pernah ada festival di negeri ini yang dihadiri banyak perwakilan negara asing,” kata dia mengawali sambutannya.

Menurut dia, beberapa festival besar yang diselenggarakan di kota/kabupaten lainnya di Indonesia, tidak ada yang seperti kota Makassar. Karena itu, dia mengajak kepada seluruh masyarakat Makassar untuk memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas terselenggaranya F8 untuk kedua kalinya.

Apalagi sejumlah kegiatan besar sering kali digelar di kota berjuluk Anging Mammiri ini, baik nasional maupun internasional. Apresiasi setinggi-tingginya, menurut dia, harus diberikan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel), khususnya kepada Danny Pomanto selaku kepala daerah inovator.

“Dengan ide briliannya dan kreativitasnya, telah berhasil menggelar event spektakuler seperti yang kita saksikan. Tadi sore saya sudah dikejutkan dengan pameran air show dari akrobat Jupiter dan Sukhoi yang ternyata besok akan digelar kembali,” ungkap Triawan.

Dia melanjutkan, Makassar juga dinilai hebat karena dalam kondisi perekonomian kebangsaan saat ini, kota ini berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga mencapai 7,9%, capaian tertinggi di dunia. Keberhasilan itu, kata Triawan, tidak lepas dari peran pemerintah kota dalam pengembangan ekonomi kreatif. “Peran pemerintah dalam pengembangan ekonomi kreatif di Makassar sungguh sangat luar biasa. Wajar jika pertumbuhan ekonomi di Makassar mendapat pujian langsung dari Presiden karena ini pertumbuhan tertinggi di dunia saat ini,” ujar Triawan.

Pertumbuhan ekonomi di Makassar ini dipengaruhi beberapa faktor. Salah satunya pemberdayaan potensi pelaku usaha dan komunitas kreatif yang dikelola secara maksimal melalui event F8 yang berlangsung selama lima hari ke depan.

Menurut Triawan, penyelenggaraan F8 ini telah mempresentasikan keterlibatan 13 dari 16 subsektor ekonomi kreatif yakni, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film, animasi video, fotografi, koreografi, kuliner. Kemudian, musik dan penerbitan, serta periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, dan keberadaan siaran televisi dan radio. “Semua itu adalah tanggung jawab kami di Bekraf dan dilaksanakan dengan nyata di Kota Makassar,” kata dia.


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com