Jum'at, 23 Juni 2017

F8 Makassar, Even Berskala Internasional yang Kini Jadi Perbincangan

1 minggu yang lalu | 10:15 am
F8 Makassar, Even Berskala Internasional yang Kini Jadi Perbincangan

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (11/5/2017) – Kreatif, unik, terbaik. Tiga kesan itu sangat terasa saat launching Makassar International Eight Festival & Forum (MIEFF) di Balairung Soesilo Soedarman, Selasa 9 Mei 2017.

Promosi Kota Makassar yang menampilkan 8 unsur pertunjukan yaitu fashion, film, folk, flora & fauna, fine art, fussion music, dan fiction writer & font, diiringi dengan live teaser sekitar 30 detik hingga 1 menit. Menpar Arief Yahya pun langsung memberikan kode dua jempol untuk Makassar.

Menpar Arief Yahya pun tertegun dan mengapresiasi kreatif Makassar dalam mengemas acara itu. Dia tak segan mengekspresikan rasa kagum dan puasnya saat mengikuti launching Makassar International Eight Festival & Forum. Kemasannya sangat atraktif. Ada teasers-nya, ke-8 F yang akan difestivalkan di Makassar Sulsel itu.

Beberapa perwakilan Duta Besar, seperti Amerika, Duta Besar Venezuela Duta Besar Maroko, Duta Besar Myanmar, Duta Besar Germany dan Duta Besar Georgia menambah asyik acara launching itu. Semua dibuat takjub dengan live teaser yang mengiringi fashion, film, folk, flora & fauna, fine art, fussion music, dan fiction writer & font.

Sambutan Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto yang mengenakan pakaian tradisional khas Makassar jadi terasa tidak membosankan. Langsung mengena ke sasaran. Semua audience serasa sudah berpetualang ke sepanjang Pantai Losari, Makassar pada 6-10 September 2017.

“Launchingnya sangat kreatif, dan sangat bagus. Setiap pemaparannya terdapat live teasernya itu saya sangat puas sekali, semoga nanti bisa dicontoh ke yang lain,” ujar Menpar Arief Yahya yang juga mengenakan pakaian tradisional khas Makassar, Selasa 9 Mei 2017.

Menteri Pariwisata Arief Yahya langsung mengacungkan dua jempol untuk kreativitas launching Makassar International Eight Festival & Forum 2017. Bagi dia, inilah launching paling kreatif dan terbaik sepanjang launching-launching yang pernah ada.

Kesan spektakuler sangat terasa. Semua yang berbau wah, wow, benar-benar dipertunjukkan ke publik. Makassar betul-betul ingin menunjukkan bahwa kalau dipersiapkan serius, mereka juga bisa menampilkan show spektakuler seperti yang kerap digelar di Singapura.

Agenda berskala internasional atau yang terkenal dengan sebutan F8 itu akhirnya menjadi bahan perbincangan di tengah audience yang hadir di Balairung Soesilo Soedarman. Semua langsung mencari tahu seputar fashion, film, folk, flora & fauna, fine art, fussion music, hingga fiction writer & font yang akan digelar di Makassar, 6-10 September itu.

“Tahun lalu Festival F8 melebihi target. Target 60 ribu menjadi 300 ribu. Dan untuk event kali ini targetnya 1 juta pengunjung. Ini sangat mungkin didapat,” ucap Arief Yahya.

Jurus sakti pun tak segan di share ke Makassar. Dari 8 unsur pertunjukan yang akan ditampilkan di F8, Menpar Arief Yahya mengusulkan agar dicari top 3 yang paling menonjol.

“Nomor satu food paling besar yaitu 32 persen. Nomor duanya fashion 30 persen. Satunya lagi craft. Jadi kalau mengambil top 3 itu food fashion dan craft ini udah lebih dari 80 %. Yang lain bukan berarti tak penting, tapi komersial value nya kurang. Dan dari top 3 ini bisa untuk mensubsidi yang lainnya,” ujar mantan Dirut Telkom itu.

Gubernur Sulawesi Selatan juga seirama dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Dia mengatakan jika Sulawesi Selatan dan Makassar merupakan Center Point of Indonesia.

“Sulawesi Selatan adalah pilar utama Pak Menteri, yaitu pilar pariwisata. Pariwisata di Makassar menjadi utama bagi kami untuk mengkoneksikan segalanya. Ke depannya kami ingin menjadikan Makassar sebagai interkoneksi pariwisata laut yang indah dan mengagumkan,” ujar Gubernur Syahrul Yasin Limpo.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com