Jum'at, 21 September 2018

DP2 Siap Kenalkan Produk Olahan Perikanan ke Swiss

1 minggu yang lalu | 3:31 am
DP2 Siap Kenalkan Produk Olahan Perikanan ke Swiss

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (21/8/2018) – Dinas Perikanan dan Peternakan (DP2) Kota Makassar, menggelar pelatihan peningkatan mutu produk pasca panen dan olahan hasil perikanan di salah satu hotel di Makassar, Senin (20/8/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Tim PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail mengumumkan bahwa pemerintah kota mendapatkan kesempatan untuk ikut serta meramaikan kegiatan Expo di Swiss pada September, mendatang.

Makanya itu, Indira meminta agar pelatihan seperti ini bisa dipermantap sehingga bisa meningkatkan kreatifitas masyarakat di wilayah pesisir.

“Pemkot Makassar dapat undangan di acara Expo di Swiss, ini kesempatan kita perkenalankan produk-produk olahan perikanan di Kota Makassar. Tapi kita seleksi terlebih dahulu sebelum diikutkan ke Expo,” kata Indira

Dia juga meminta DP2 untuk memberikan database perihal binaan yang akan diikutkan dan melihat produk olahan untuk dijadikan bahan di Expo nantinya.

Selain itu, Indira Jusuf Ismail menyemangati sekaligus memotivasi kelompok pengolah dan pemasar produk perikanan binaan Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Makassar.

Lanjut Indira, banyak peluang pasar, salah satunya dari event-event yang digelar di Kota Makassar. Apalagi Makassar menjadi salah satu kota favorit pelaksanaan meeting, incentive convention, dan exhibition (MICE).

Selain itu jika standarisasi kelas dunia dapat dipenuhi, lanjut Indira Jusuf Ismail, produk Makassar juga bisa menembus pasar internasional. Apalagi dalam waktu dekat Kota Makassar bakal menghadiri Expo di Swiss.

“Kota Makassar sudah membranding dirinya sebagai Kota Dunia. Produk yang dihasilkan pun harus berstandar dunia, sehingga layak untuk dijual bahkan di negara lain. September nanti kita akan ikut Expo di Swiss, di sana banyak buyer dan funder,” tutur Indira.

“Kita ini kaya hasil laut, sudah banyak juga kelompok ibu-ibu pengolah binaan DP2 Makassar. Maka dari itu pengolahan hasil perikanan perlu ditingkatkan kualitas maupun pengemasannya sehingga layak dipasarkan, hingga keluar negeri,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan, Abd Rahman Bando mengatakan, pihaknya terus melakukan pelatihan agar para binaan merefresh pengetahuan dalam pengelolaan produk perikanan. Pasalnya, informasi setiap tahun berbeda sehingga perlu ada pengetahuan yang baru.

“Point penting yang kita inginkan ke Binaan itu, ada sinergi antara stakeholder DP2 secara berantai sehingga memberikan kontribusi nilai ekonomi semua pihak secara maksimal,” jelasnya

Kata Rahman, pelatihan yang dibuat seperti pengolahan produk ikan, pembudidayaan dan penyuluh perikanan, tujuannya agar produksi perikanan tidak hanya bersandar pada penangkapan ikan di laut.

“Kita hadirkan semua stakeholder mulai dari ahli budidaya, penangkapan, penangkapan dan pemasaran supaya meningkat produksi olahan ikan,” ucapnya.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com