Rabu, 20 November 2019

Dispar Makassar Kini Punya Kelompok Sadar Wisata

6 bulan yang lalu | 3:18 pm
Dispar Makassar Kini Punya Kelompok Sadar Wisata

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (24/4/2019) – Dinas Pariwisata Kota Makassar mengelar Koordinasi Pembangunan Kemitraan Pariwisata “Kelompok Sadar Wisata” (POKDARWIS). Kegiatan ini sebagai upaya pengembangan destinasi wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Kamelia Tamrin Tantu mengatakan acara ini sebagai bentuk koordinasi pembangunan dan pengembangaan kemitraan destinasi wisata khususnya dalam kelembagaan kelompok sadar wisata.

“Pembangunan kepariwisataan di Kota Makassar pada hakekatnya melibatkan peran stakholder dari seluruh pemangku kepentingan yang ada dan saling terkait,,” tuturnya.

Ia juga menyebutkan pemangku kepentingan yang dimaksud meliputi pemerintah, swasta dan masyarakat dengan segenap peran dan fungsinya,” kata Kamalia dalam sambutannya di hotel Sama Makassar, Rabu 24 April 2019.

Ia juga berharap pemangku kepentingan dapat saling mencapai mewujudkan tujuan dan sasaran yang disepakati. Dalam rangka meningkatkan posisi dan peran masyarakat sebagai subjek atau pelaku penting dalam pembangunan kepariwisataan.

“Maka melalui kegiatan koordinasi pembangunan dan kemitraan yang kita laksanakan pada hari ini dapat menumbuhkan sikap dan dukungan positif masyarakat sebagai tuan tumah melalui perwujudan nilai Sapta Pesona dapat tumbuh dan berkembang untuk pembangunan daerah maupun kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Pariwisata Dispar Makassar, Andi Karunrung mengatakan destinasi pariwisata di Kota Makassar harus dikembangkan. Ia berharap pembentukan kelompok ini punya peran aktif dan mengembangkan kepariwisataan demi terwujudnya Makassar sebagai kota dunia.

“Menjaga destinasi wisata jadi artinya bagaimana bisa dikembangkan destinasi itukan itu yang ada,” jelasnya.

Lanjut Karunrung mengatakan ini adalah langkah awal sebelum kita mencari kelompok-kelompok yang lain. Jadi bentuk harapan masyarakat yang punya peranan untuk membangun kembali kepada masyarakat untuk menjaga dan memelihara pembangunan itu,” terangnya.

Kegiatan ini pun dihadiri ratusan masyarakat dan pemateri diantaranya Bappeda Makassar dan sektor kepariwisataan di Provinsi Sulsel. (*)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com