Rabu, 24 April 2019

Disnaker Makassar Beri Kesempatan Lulusan SMA Magang ke Jepang

3 minggu yang lalu | 9:54 am
Disnaker Makassar Beri Kesempatan Lulusan SMA Magang ke Jepang

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (8/3/2019) – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Makassar memberikan kesempatan kepada masyarakat lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat untuk mengikuti magang ke negeri Sakura, Jepang.

Pendaftarannya dibuka hingga Juni mendatang meski telah berlangsung sejak 4 Februari belum lama ini. Agenda magang ke Jepang ini merupakan program Kementerian Ketenagakerjaan.

Untuk penempatan kerja di perusahaan akan diatur dan ditentukan oleh Kemenaker kemudian.

“Kita sudah diminta untuk melakukan pendaftaran mengenai program magang ke Jepang tahun 2019. Itu syaratnya umur maksimal 26 tahun untuk tamatan SMA dan SMK,” ujar Kepala Disnaker Makassar, Muh Mario Said, Jumat (08/03/2019).

Adapun syarat lainnya berupa tinggi badan, untuk laki-laki tingginya minimal 160 cm dan 150 cm bagi wanita.

Nantinya, pelamar yang lulus berkas administrasi akan mengikuti tes selanjutnya yakni tes akademik, wawancara, hingga tes kesehatan.
Kemudian jika lulus akan mengikuti seleksi tes bahasa. Secara keseluruhan, rangkaian agenda tes itu akan berlangsung pada Juli hingga Agustus mendatang.

“Informasi yang kani dapatkan tidak ada batasan (kuota) untuk peserta yang lulus. Berapapun yang mendaftar akan diseleksi. Berapa nanti yang lulus sesuai tahapan-tahapan seleksi itu yang diakomodir untuk diikutkan dalam program magang ke Jepang ini,” ucap Mario Said.

“Jadi nanti itu mereka magang selama 3 tahun di Jepang, bisa diperpanjang sampai 5 tahun. Tujuannya memberikan kesempatan bagi pencari kerja agar mereka mengaplikasikan keahliannya,” sambungnya.

Sementara untuk syarat adminitrasi bagi yang ingin mendaftar wajib melengkapi surat lamaran, KTP, surat izin orang tua, kartu keluarga. Yang paling utama memiliki sertifikat latihan kerja minimal 160 jam pelajaran bagi lulusan non-teknik.

Lamaran itu langsung dikirim ke Kantor Disnaker Makassar, Jalan AP Pettarani, Makassar.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com