Minggu, 25 Agustus 2019

Disnaker Makassar Akan Buka Posko Pengaduan THR

2 bulan yang lalu | 3:01 am
Disnaker Makassar Akan Buka Posko Pengaduan THR

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (20/5/2019) – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Makassar bakal membuka posko pengaduan menyangkut pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) bagi seluruh karyawan perusahaan di Kota Makassar.

Kepala Disnaker Makassar, Muh Mario Said berharap THR seluruh pekerja dibayarkan seminggu sebelum Hari Raya Idul Fitri. Dan mekanisme pembayaran THR harus sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan nomor 6 tahun 2016.

“Menyangkut masalah posko pengaduan, jadi memang kita akan buka. Mungkin dua minggu sebelum hari H (lebaran) kita akan buka,” ujarnya, Minggu (19/05/2019).

Dia menjelaskan, tujuan dibukanya posko pengaduan tersebut sebagai upaya mengadvokasi para karyawan yang THR-nya belum dibayarkan atau telat dicairkan oleh perusahaan tempatnya bekerja.

Akan tetapi pihaknya tak dapat memberikan sanksi kepada perusahaan membandel yang tak bayarkan THR kepada karyawannya.

“Kalau menyangkut masalah sanksi dan tindakan, itu kewenangan di provinsi. Kalau kita hanya pembinaan. Kalau misalnya masih ada belum dibayar, kita ingatkan lagi perusahaan. Kalau tidak, kita tindaklanjuti disampaikan ke provinsi sehingga provinsi bisa mengambil langkah-langkah tindakan yang sesuai aturan,” jelasnya.

Lebih lanjut kata dia, dalam waktu dekat ini pihaknya akan turun langsung melakukan pembinaan di beberapa sampel perusahaan.

“Kita rencana kemungkinan akan turun ke beberapa perusahaan sebagai sampel, kita coba mengingatkan (THR). Mungkin pada tanggal 22 Mei barangkali kita sudah mulai turun melakukan itu,” tambah Mario Said.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com