Rabu, 20 November 2019

Disdukcapil Makassar Genjot Pelayanan Berbasis Digital

1 bulan yang lalu | 10:34 am
Disdukcapil Makassar Genjot Pelayanan Berbasis Digital

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (18/9/2019) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar menggenjot pelayanan berbasis digital. Hal itu dilakukan guna memberikan kemudahan kepada masyarakat saat mengurus administrasi kependudukan (adminduk).

Sekretaris Disdukcapil Kota Makassar, Yarman, mengatakan pelayanan berbasis digital sudah diterapkan di Disdukcapil Makassar. Seperti tanda tangan elektronik, aplikasi kucataki hingga antrian online.

Dia menerangkan dengan diterapkannya tanda tangan elektronik, masyarakat masih bisa mendapatkan pelayanan meski pejabat terkait dalam hal ini kepala dinas sedang bertugas di luar kota.

Khusus tanda tangan elektronik, Disdukcapil Kota Makassar sudah menerapkan di beberapa dokumen adminduk. Seperti kartu keluarga (KK), akta kelahiran, akta kematian, surat pindah keluar, akta pengesahan anak, dan akta pengakuan anak.

‚ÄúDengan adanya tanda tangan elektronik ini, walaupun kepala dinas berada di luar kantor tapi melayanan masih tetap bisa dilakukan,” kata Yarman, kepada SINDOnews.

Selanjutnya, ada pula aplikasi Kucataki yang diluncurkan sejak Agustus tahun lalu. Aplikasi ini berupa pelaporan kelahiran berbasis online yang bekerjasama dengan pihak rumah sakit serta puskesmas rawat bersalin agar setiap kelahiran tercatat dalam data kependudukan.

Selanjutnya, inovasi terbaru yakni antrean online yang belum lama ini diterapkan. Program ini sendiri memberikan kemudahan kepada masyarakat ketika ingin mengurus data kependudukan. Pasalnya, masyarakat bisa mengambil nomor antrean maksimal 14 hari sebelum tanggal kedatangan.

Selain itu, masyarakat yang sudah mendaftar online masih bisa mengecek nomor antrean yang sudah dilayani melalui telepon selulernya. Sehingga, jika nomor antreannya masih lama masyakat bisa mengurus keperluan lain sebelum gilirannya tiba.

“Kita bisa buka antrean online itu baru kita pilih hari apa kita ingin mengurus adminduk. Jadi, tidak perlu lagi untuk datang ke kantor untuk mengantri,” ujarnya.

Antrean online ini bisa diakses melalui website www.dukcapilmakassar.co.id dengan memasukkan nomor induk kependudukan (NIK). “Untuk masyarakat yang tidak memiliki akses internet ataupun handphone android bisa langsung datang ke kantor nanti kita daftarkan untuk antrean online,” ucapnya.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com