Selasa, 18 Juni 2019

Disdik Makassar Dorong Regulasi Pembangunan Sekolah di Perumahan

2 bulan yang lalu | 9:18 am
Disdik Makassar Dorong Regulasi Pembangunan Sekolah di Perumahan

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (27/3/2019) – Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar mendorong pembentukan regulasi pengembangan sarana pendidikan melalui peraturan daerah (perda). Salah satu poinnya terkait dengan pembangunan sekolah di kawasan perumahan.

Menurut Kepala Disdik Makassar, Abd Rahman Bando, tujuan rencana pembentukan regulasi tersebut guna pemerataan layanan pendidikan.

“Sebagai gambaran dalam 15 tahun terakhir penduduk Makassar berkembang di wilayah Timur. Tapi tidak disertai pembangunan sarana pendidikan di sana,” ucapnya, Rabu (27/03/2019).

“Penduduk datang, perumahan dibangun, tapi tidak ada sekolahnya,” sambungnya.

Unntuk itu, demi pemerataan pembangunan sarana pendidikan, Disdik Makassar mendorong pembentukan perda yang nantinya diperuntukan kepada pihak pengembang perumahan.

Artinya, setiap pembangunan perumahan nantinya akan disertai dengan pembangunan gedung sekolah.

“Contoh, begitu banyak perumahan di Biringkanaya dan Kecamatan Manggala tapi berapa sekolah yang dibangun dalam 15 tahun terakhir? Tidak ada sekolah baru. Yang kita lakukan cuma merehab. Ndak solutif itu. Harus ada sekolah baru dibangun disana,” sebab Rahman Bando.

“Nah, karena pemerintah tidak begitu gampang dapat tanah, maka saya mengajukan pemikiran untuk dibuat regulasi berupa perda agar mewajibkan setiap pengembang yang membangun rumah minimal 300 unit, apalagi kalau 500 ke atas mereka diminta membangun sarana pendidikan minimal PAUD dan SD,” tambahnya.

Lebih lanjut, Rahman Bando pun berharap, tidak hanya di kawasan perumahan saja. Sebaran sarana pendidikan bisa merata di semua lini, seperti kawasan padat penduduk.

“Hal yang harus dibenahi dari sebaran pendidikan kita adalah pengembangan pendidikan dan pembangunan sekolah tidak mengikuti sebaran tingkat kepadatan penduduk,” kuncinya.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com