Kamis, 18 Juli 2019

Dinas PU Makassar Anggarkan PKL Center Nikel Rp13,7 Miliar

2 bulan yang lalu | 3:08 pm
Dinas PU Makassar Anggarkan PKL Center Nikel Rp13,7 Miliar

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (26/4/2019) – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar mengucurkan anggaran mencapai Rp13,7 miliar, untuk pembangunan kawasan pedagang kaki lima (PKL) center di Jalan Nikel Makassar (belakang kantor Dinas PU Provinsi Sulsel, Jalan AP Pettarani) tahun ini.

Kepala Bidang Bina Teknik (Bintek) Dinas PU Kota Makassar, Ansuard mengatakan, desain perencanaan atas pembangunan tersebut sudah rampung.

Saat ini sudah diusulkan untuk masuk tahap tender dan akan dilelang. ‚ÄúSudah selesai perencanaan. Desainnya sudah rampung, tinggal menunggu lelang fisiknya itu. Kita sudah usulkan masuk sistem tender. Insya Allah, tahun ini kita mau bangun,” beber Ansuard, Jumat (26/04/2019).

Lanjut Ansuard, kawasan PKL Center yang akan dibangun ini berbeda dengan yang ada di kawasan Kanrerong ri Karebosi, Jalan RA Kartini Makassar. Kios pedagang di Jalan Nikel nanti akan akan menggunakan konsep model booth kontainer.

Hal ini kata dia, agar tampilan lebih menarik, dan penataannya lebih efisien. Di sepanjang pelataran kawasan itu nantinya, bisa diisi mencapai 200 pedagang.

“Kalau penampungannya ada kurang lebih 200 kios pedagang itu nanti. Karena ‘kan dia memanjang ki, toh,” tambahnya.

Dijelaskan Ansuard, kawasan PKL Center yang dibangun di pelataran Jalan Nikel Makassar ini diharapkan mampu menjadi bagian penataan kota.

Merelokasi PKL yang menjamur di jalan-jalan Kota Makassar, kemudian ditempatkan di lokasi yang lebih layak.

“Kalau itukan PKL center untuk menampung PKL-PKL di pinggir jalan yang membuat kemacetan, terus membuat pandangan kumuh. Jadi ini sebagai bentuk bagian dari penataan kota ini,” pungkas dia.

Berbeda dengan kawasan PKL center di Jalan RA Kartini yang dinamakan Kanrerong ri Karebosi, untuk di Jalan Nikel sendiri belum ditentukan penamaannya.

Kata Ansuard, sebutan tempat tersebut nanti akan diserahkan ke wali kota Makassar. “Saya juga kurang tahu persis siapa yang kelola nanti. Yang jelas kita bangun habis itu diserahkan ke pemkot, baru nanti pemkot yg tunjuk siapa kelola. Kita serahkan sebagai aset, terserah wali kota siapa yang ditunjuk,” jelas dia.

Sementara Kepala Dinas PU Kota Makassar, Hamka menambahkan, pembangunan kawasan PKL center ini diharapkan bisa segera dilelang. Karena sudah diusulkan masuk tahap tender.

“Perencanaan sudah selesai. Sekarang tahap persiapan tender,” ujar Hamka yang baru dilantik secara resmi sebagai kepala dinas PU oleh wali kota Makassar, Selasa (23/4/2019) lalu.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com