Rabu, 23 Agustus 2017

Dinas Pariwisata Makassar Desak Hotel dan Restoran Punya Standar Sertifikasi

2 minggu yang lalu | 1:02 pm
Dinas Pariwisata Makassar Desak Hotel dan Restoran Punya Standar Sertifikasi

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (26/7/2017) – Dinas Pariwisata Kota Makassar mendesak pengelola jasa penginapan (Hotel) dan Restoran di Kota Makassar untuk memiliki standar sertifikasi.

Salah satu upaya Dinas Pariwisata agar Hotel dan Restoran di Makassar memperhatikan sertifikasi jenis usaha itu dengan cara sosialisasi.

Sosialisasi ini menghadirkan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia, Lembaga Sertifikasi Usaha dari Denpasar Bali, ada Akademisi Pariwisata.

Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Makassar Andi Karunrung mengatakan standar sertifikasi ini sangat penting dimiliki bagi Hotel dan Restroan.

Menurutnya dengan sertifikasi ini, para hotel akan mendapat pengakuan dari lembaga sertifikasi bahwa hotel tersebut memiliki pelayanan yang bisa diukur dengan penetapan status hotel bintang.

“Standar sertifikasi ini yang bisa memnentukan hotel itu bintang 1 atau 2,” ujar Andi Karunrung.

Hotel dan Restoran di Makassar sebanyak 400 an unit jenis usaha. Usaha hotel penginapan sebagian besar di Kecamatan Panakkukang dan Rappocini, sedangkan restoran di Kecamatan Ujung Pandang.

Sementara itu, Perwakilan LSU Nasional Bali Ida Bagus Purwa mengatakan standar sertifikasi salah satu tanda kemajuan kepariwisataaan di Denpasar,Bali.

Para turis mancanegara kata Bagus Purwa akan merasa yakin disaat hotel atau restoran memiliki standar pelayanan.

“Hotel itu tidak butuh bertingkat, tapi yang utama adalah pengakuan dan pelayanan,” ujar Bagus.

Di sertifikasi ini, itu juga akan menerangkan standar pelayanan para karyawan hotel.

“Semisal keramahtamahan, itu aka dituangkan di sertifikasi itu. Ini akan sangat bermanfaat untuk mengaet pariwisata kita,” ujarnya.

Standar Sertifikasi ini sendiri hanya dikeluarkan oleh lembaga independen. Di Indonesia kata Bagus hanya ada di Jakarta dan di Bali.

Hadir dalam sosialisasi ini,yakni Ketua PHRI Makassar Kuandy Salim, dan Dosen Akademi Pariwisata Dr Syamsu Rijal.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com