Selasa, 20 November 2018

Di Indonesia, Celana Dalam pun Diimpor dari China

4 tahun yang lalu | 6:07 am
Di Indonesia, Celana Dalam pun Diimpor dari China

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM – Indonesia sepertinya belum siap menghadapi pasar bebas Asia Tenggara tahun 2015 mendatang. Pasalnya, produk pasar Indonesia terutama dari usaha kecil menengah (UKM) masih sulit bersaing. Betapa tidak, hingga kini celana dalam pun diimpor dari China.

Ketua Forum Tenaga Pendamping UMKM Provinsi Sumsel, Sulama mengatakan, perkembangan UKM di Indonesia termasuk di Provinsi Sumsel ibarat peribahasa “mati segan hidup tak mau”. Ditengarai factor utamanya adalah kurangnya dukungan pemerintah terhadap pelaku usaha.

Padahal, UKM harus dimotivasi dan didukung penuh menghadapi pasar bebas Asia Tenggara nanti. Bukan tidak mungkin dalam waktu dekat UKM akan gulung tikar. “Memang diakui, perhatian pemerintah sangat minim terhadap UKM. Sekarang ini sudah banyak UKM yang mati suri,” ungkapnya.

Kondisi ini jauh berbeda dengan negara China. Menurutnya, di negara tirai bambu tersebut UKM sangat dominan dalam pangsa pasarnya. Tidak heran jika segala jenis produk China mampu mengekspor dalam jumlah banyak.

“Bagaimana mau maju, celana dalam saja kita kalah. China sudah jual Rp 10 ribu dapat tiga, nah produk asli kita masih mahal, Rp 20 ribu malah cuma dapat satu,” ketusnya.

Olehnya itu, sistem dan perhatian pemerintah terhadap UKM harus diubah. Sebab, selama ini yang dihadapi UKM di Indonesia adalah masalah permodalan, minim pengetahuan, dan kurang teknologi. Kondisi jauh terbalik dengan yang terjadi China. Mereka sudah menggunakan teknologi canggih sehingga mampu menghasilkan produk lebih murah.

“Kalau tidak ada perubahan sama sekali, produk-produk buatan UKM kita sulit bersaing, apalagi watak masyarakat kita lebih cenderung memilih produk yang murah apalagi ditambah berkualitas,” tutupnya. (AR)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com