Selasa, 18 Juni 2019

Di 2020, Makassar Fokus Peningkatan Kualitas SDM dan Infrastruktur

2 bulan yang lalu | 9:20 am
Di 2020, Makassar Fokus Peningkatan Kualitas SDM dan Infrastruktur

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (26/3/2019) – Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar tahun 2020 fokus kepada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan pembangunan infrastruktur.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar, Andi Khadijah Iriani mengatakan, penyusunan RKPD 2020 dilakukan mengingat Pemkot Makassat tak memiliki Rancangan Program Jangka Panjang Daerah (RPJPD).

Apalagi Rancangan Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Makassar akan berakhir di tahun 2019 ini.

Dengan demikian diharap seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat berbenah dan menyempurnakan kegiatan yang dinilai masih kurang melalui Musyawarah Rencana Pembangungan (Musrenbang).

“Kita tidak ingin mundur lagi, musrenbang ini sebagai acuan untuk berbuat karena RKPD 2020 tidak memiliki RPMJD kita harus eksis. Semua stakeholder atau OPD harus berbenah tanpa terkecuali,” tutur Andi Khadijah Iriani.

Penyusunan RKPD ini, lanjutnya, berpedoman kepada RPJPD Pusat dan RPPD Pemerintah Provinsi Sulsel. Muaranya, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Setelah finalisasi selanjutnya akan dibahas bersama Tim Percepatan Anggaran Daerah (TAPD) untuk penyusunan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) yang bakal diserahkan ke DPRD Makassar untuk penyusunan APBD.

“Dan kami dari Kota Makassar meningkatkan kualitas SDM untuk pertumbuhan Makassar 4.0,” pungkas Andi Khadijah Iriani.

Diketahui, pada kegiatan Musrenbang Kota Tahun 2020 yang berlangsung Senin (25/03/2019) kemarin, juga akan difokuskan ke pembangunan insfratruktur.

Seperti 13 usulan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman tentang pembangunan infrastruktur untuk dikerjakan. Selanjutnya seluruh usulan Dinas Pekerjaan Umum (PU) diterima dan diakomodir, sebanyak 2.775 usulan.

Kemudian di Dinas Lingkungan Hidup, dari 83 usulan, hanya 30 yang diakomodir. Lalu, lima usulan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) yang dapat diakomodir dari 19 usulan.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com