Kamis, 16 Agustus 2018

Deng Ical Apresiasi Kepedulian Aktivis Peduli Kanker

2 tahun yang lalu | 5:28 am
Deng Ical Apresiasi Kepedulian Aktivis Peduli Kanker

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (17/2/2016) – Wakil Wali Kota Makassar Dr. Syamsu Rizal MI memberikan apresiasi terhadap aktivis peduli penderita kanker anak tergabung dalam Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Cabang Makassar atas kepeduliannya membantu sesama.

“Kami Pemerintah Kota memberikan apresiasi kepada aktivis YKAKI atas inisiasi membuat kegiatan ini. Sebab kanker pada anak merupakan ancaman serius dengan tingkat kematian cukup tinggi,” kata Syamsu Rizal usai menyematkan pita kepada pengguna jalan di depan Monumen Mandala Makassar, Senin 15/2/16

Menurut dia, dibutuhkan partisipasi dan kesadaran komunal bukan saja urusan pemerintah, LSM dan pihak terkait tetapi merupakan tanggungjawab semua pihak bersama-sama peduli tentang kesehatan anak penerus bangsa.

“Tugas kita bagaimana kanker anak bisa dieliminir sedini mungkin sehingga masa depan akan tidak tergangu. Anak-anak harus mendapatkan infrastuktur pendidikan yang layak untuk tumbuhkembangnya kelak,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya berharap agar masyarakat bisa melaporkan bila menemukan anak yang terkena kanker untuk bisa segera dideteksi dini agar dapat dirawat dan ditangani secepatnya mengingat Puskesmas sudah membuka layanan masalah kanker.

“Semua orang punya potensi sama untuk terkena, dan tidak ada dibeda-bedakan kaya maupun miskin. Untuk itu diimbau kepada orang tua memperhatikan jajanan anak dan pola hidup yang mengadung unsur kimiawi karena itu bisa memicu peningkatan virus kanker anak sejak dini,” harapnya.

Sementara itu koordinator rumah singgah penderita kanker anak Alfamart, YKAKI Idriani AS pada kesempatan itu mengungkapkan dirinya sangat bersyukur atas dukungan sejumlah pihak mulai pemerintah komunitas mahasiswa peduli kanker dan unsur media.

“Kami sangat bersyukur mendapat dukungan sejumlah pihak termasuk aksi komunitas mahasiswa dari berbagai kampus yang turun ke jalan membagikan brosur dan pita serta mengumpulkan sumbangan atau donasi kemanusiaan di pengguna jalan,” tambahnya.

Berdasarkan pantauan sejumlah aktivis peduli kanker yang tergabung dalam YKAKI Cabang Makassar membagi-bagikan pita dan brosur serta mengumpulkan sumbangan kepada pengguna jalan sebagai bentuk menggalang kepedulian terhadap anak penderita kanker.

Selain itu rangkaian kegiatan lainnya berupa aksi gundul kepala serta penyinaran monumen mandala bertema “Light Up” diartikan sebagai disimbolkan masih ada cahaya hidup yang bisa diselamatkan bagi anak-anak penderita kanker. Rencananya acara puncak dilaksanakan di Mal Ratu Indah Makassar pada 21 Februari 2016. (*)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com