Selasa, 17 Oktober 2017

Danny: Potensi Wisata Makassar Dukung Program CDD AP I

5 bulan yang lalu | 11:53 am
Danny: Potensi Wisata Makassar Dukung Program CDD AP I

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (20/4/2017) – Program Collaborative Destination Development (CDD) Visit to Mamago (Makassar, Maros, Gowa) dinilai mampu sejalan dengan potensi pariwisata Makassar yang saat ini dikembangkan.

CDD yang digagas Angkasa Pura (AP) I merupakan program yang diharap mampu meningkatkan potensi pariwisata Sulsel. Utamanya, di tiga wilayah dengan akses terdekat Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Mamago.

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto menyambut baik program tersebut. Ia menjelaskan, Makassar memiliki beragam keunggulan dalam industri pariwisatanya dan mampu mendukung upaya peningkatan potensi wisata di Sulsel yang digagas AP I.

Hal itu diungkapkan Danny, sapaan akrab Ramdhan pada acara Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Angkasa Pura I di Hotel Four Points by Sheraton, Jalan Landak Baru, Makassar, Kamis 20 April 2017.

“Berdasarkan data Kementerian Pariwisata Makassar sebagai salah satu destinasi wisata utama di Indonesia, dan dinobatkan sebagai satu dari 10 kota dengan branding destinasi pasar mancanegara,” kata Ramdhan dalam pemaparannya.

Menurutnya, Makassar menawarkan beragam destinasi wisata yang bisa dikunjungi para wisatawan, baik wisatawan mancanegara maupun domestik.

“Makassar punya wisata sejarah, bahari, budaya, kuliner, dan pendidikan,” tambahnya.

Hal itu, sebut Ramdhan, didukung fasilitas kepariwisataan yang menjanjikan.

Ia menyebutkan, ada 200 hotel baik berbintang dan non berbintang di Makassar. Tenaga kerja tersertifikasi pada 2016 lalu juga mencapai 2.868, jumlah tersebut dinilai mumpuni melayani 4,6 juta domsetik dan 85.644 wisatawan mancanegara

Terlebih di 2017 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan berfokus pada pengembangan tujuan wisata yang berdaya saing tinggi.

Destinasi wisata tersebut di antaranya wisata sejarah di Makam Raja-raja Tallo, wisata bahari di Pulau Lae-lae, Samalona, dan Kodingareng Keke. Kedua jenis wisata dipilih sebagai objek wisata unggulan.

Berbarengan dengan itu, juga dikembangkan desa wisata Lakkang, dan kampung budaya Paropo. Sepanjang 2017, Makassar akan menjadi tuan rumah empat event berskala internasional ditambah 18 event pariwisata bulanan yang mulai berjalan sejak Januari 2017.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com