Minggu, 20 Oktober 2019

Danny Pomanto Wajibkan ASN Kenakan Pakaian Adat di Hari Budaya

6 bulan yang lalu | 9:04 am
Danny Pomanto Wajibkan ASN Kenakan Pakaian Adat di Hari Budaya

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (29/3/2019) – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto mewajibkan Aparatur Sipil Negara (ASN) mengenakan pakaian adat pada peringatan Hari Kebudayaan Kota Makassar, 1 April pekan depan.

Bahkan telah dikeluarkan surat edaran peringatan bulan budaya yang ditujukan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, mulai dari camat dan sekolah-sekolah untuk memperingatinya.

Selain itu, surat edaran yang mewajibkan mengenakan pakaian adat juga telah disampaikan ke seluruh perusahaan, baik perhotelan, pusat perbelanjaan hingga BUMD dan BUMN.

“Seluruh elemen kita mengenang satu hari budaya kita. Walau pun kita punya even satu bulan. Tapi paling tidak 1 April itu, semua elemen masyarakat mengapresiasi budaya kita,” sebut Danny Pomanto sapaan akrab wali kota pada rapat teknis pelaksanaan pencanangan Hari Kebudayaan dan Bulan Budaya Kota Makassar, Kamis (28/03/2019) kemarin.

Dia pun menegaskan agar dilakukan pemutaran musik tradisional Sulsel di setiap area pelayanan publik, mulai tanggal 1 hingg 27 April mendatang. Khusus di perhotelan diwajibkan untuk menyediakan makanan dan kue tradisional pada 1 Apri.

“Seluruh stakeholder juga diharapkan agar menyebarluaskan informasi pencanangan Hari Kebudayaan Makassar ini,” tegasnya.

Lebih lanjut, pencanangan Hari Kebudayaan Kota Makassar 1 April ini bertujuan memperkuat identitas diri masyarakat Makassar. Jangan sampai, kata dia, kaum milenial melupakan budaya sendiri karena tergerus perkembangan teknologi.

“Jad Hari Kebudayaan Nakassar menjadi sangat penting. Pertama, bagaimana menerapkan sistem edukasi kita mengenalkan budaya-budaya kita lebih milenial. Kedua, kita ingin memberikan showscase tentang budaya nusantara Indonesia,” terang Danny Pomanto.

“Suatu daerah tanpa kebudayaan itu ibarat padang pasir tanpa tanaman. Begitupun orang tanpa budaya, sama halnya orang tanpa sopan santun, orang tidak punya identitas,” kunci dia.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com