Selasa, 20 November 2018

Danny Pomanto Minta OPD Teknis Tanggap Kemarau

2 bulan yang lalu | 3:26 am
Danny Pomanto Minta OPD Teknis Tanggap Kemarau

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (25/8/2018) – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto meminta kepada organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar teknis untuk tanggap musim kemarau.

Menurutnya, dampak musim kemarau yang sedang melanda kota Makassar khususnya berpotensi menimbulkan peristiwa kebakaran dan krisis air bersih.

“Krisis air bersih itu menjadi perhatian kita, jadi kita (PDAM) akan siapkan tangki curah. Jadi, kalau suplai air kurang, tangki curah yang kita turunkan,” ujarnya kepada SINDOnews, Sabtu (25/08/2018).

Sekadar diketahui, dampak krisis air bersih sudah dirasakan masyarakat di wilayah utara dan timur Makassar lantaran debit air di Bendungan Leko Pancing, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, semakin berkurang.

Sehingga, produksi air baku yang dikelolah PDAM Makassar hanya mencapai batas maksimal 1230 lps. Padahal saat kondisi normal, produksi air baku bisa mencapai 1500 lps untuk air baku, dan 1250 lps sampai 1300 lps air bersih. Bendungan Leko Pancing ini pun mendapatkan bantuan suplai air baku dari Sungai Moncongloe di Kabupaten Maros, sekira 600 pls, melalui pompa sedot air portable.

Sementara terkait dengan antisipasi terjadinya kebakaran, Danny Pomanto mengintruksikan Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Makassar untuk tetap siaga 24 jam. Dan dia berharap kinerja para ketua RT/RW terus dimaksimalkan oleh perang lurah dan camat.

Dia pun bahkan berencana akan melakukan gerakan cek listrik di seluruh kecamatan, khususnya di pemukiman padat penduduk di wilayah utara kota.

“Kita bisa lihat eskalasi kebakaran, jadi saya akan adakan gerakan cek listrik, siaga kota, termasuk RT/RW kita siagakan semua, termasuk mengimbau masyarakat dan menyebar semua petugas pemadam kebakaran di semua kecamatan,” tutur Danny. (*)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com