Kamis, 5 Desember 2019

Coba Pastel Makassar Unik Super Pedas, Jalangkote Granat

2 bulan yang lalu | 10:00 am
Coba Pastel Makassar Unik Super Pedas, Jalangkote Granat

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (8/9/2019) – Warga Kota Makassar sudah tentu akrab dengan jalangkote. Penganan ringan ini serupa pastel, dengan kulit yang lebih tebal. Biasanya dinikmati sebagai kudapan bersama sambel cair, campuran cuka dan cabe.

Kulit jalangkote terbuat dari bahan dasar tepung terigu, telur, santan, mentega dan garam. Adapun isi, umumnya perpaduan wortel, kentang, tauge, dan bihun yang ditumis dengan bumbu rempah. Ada juga yang menambahkan daging cincang dan irisan telur rebus.

Sebagian orang lalu mengeksplor kreasi jalangkote dengan racikan yang lebih komplit. Salah satunya warung Jalangkote Granat di jalan Cendrawasih nomor 299A Makassar. Warung ini menawarkan jalangkote dengan isi yang unik. Selain bahan yang umum, mereka menambahkan jamur dan sosis serta rempah yang menawarkan sensasi pedas.

Selain isi yang komplit, ciri khas Jalangkote Granat ada pada olahan sambel cairnya. Pemilik warung sengaja menambahkan jumlah cabe yang lebih banyak dari takaran biasa di tempat lain, yang diracik dengan bumbu khusus. Tak hanya pedas, sambalnya diklaim juga membuat ketagihan.

Jalangkote Granat menawarkan dua pilihan menu kepada setiap pengunjung. Ada jalangkote original, dengan racikan isi dan sambal yang standar. Lalu jalangkote granat, untuk yang menyukai kadar pedas yang lebih tinggi. Setiap biji jalangkote dihargai Rp 3 Ribu.

Pengunjung bisa menikmati Jalangkote Granat dalam keadaan hangat dengan mendatangi langsung warung yang buka sejak pukul 10 pagi hingga sembilan malam. Bisa juga membawa pulang atau memanfaatkan layanan kurir. Pemilik menawarkan promo gratis ongkos kirim untuk pemesanan di atas 20 biji.

Jalangkote Granat juga bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang tepat. Sebab tersedia juga jalangkote beku, yang bisa disimpan dan digoreng belakangan. Pas untuk dibawa ke luar kota.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com