Jum'at, 24 November 2017

Cegah Korupsi, Pemkot Makassar Luncurkan Aplikasi Cek DP Ta’

2 minggu yang lalu | 6:14 am
Cegah Korupsi, Pemkot Makassar Luncurkan Aplikasi Cek DP Ta’

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (25/10/2017) – Pemerintah Kota Makassar resmi meluncurkan Aplikasi “Cek DP Ta'”, di Hotel Aston, Jalan Sultan Hasanuddin, Rabu (25/10/2017).

Aplikasi berbasis transaksi non-tunai ini diluncurkan berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016, tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengatakan, aplikasi tersebut dikembangkan dengan tujuan meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah.

“Aplikasi Cek DP Ta’ dikembangkan untuk menjawab persoalan yang selama ini belum terpecahkan, yakni tidak adanya transparansi posisi dan status dokumen pencairan,” kata Danny dalam sambutannya.

Danny menambahkan, untuk mengetahui posisi dan status dokumen pencairan selama ini hanya dilakukan dengan cara kontak langsung oleh masyarakat atau pihak ketiga, dengan pengelola keuangan di SKPD atau Bendahara Umum Daerah (BUD).

Dengan adanya Aplikasi Cek DP Ta’ ini, diharapkan dapat memudahkan masyarakat atau pihak ketiga, dalam mengetahui secara langsung informasi tentang posisi dan status dokumen pencairannya.

Selain itu, aplikasi ini juga diharapkan mampu meningkatkan kinerja pengelola keuangan, baik pengelola keuangan di SKPD maupun pengelola keuangan di BUD.

Disamping itu, aplikasi ini juga memudahkan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan penyusunan APBD Pokok maupun Perubahan APBD, mempercepat proses pencairan anggaran, serta meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan SKPD yang berdampak pada kualitas pengelolaan keuangan Pemerintah Kota Makassar.

“Dengan demikian kita bisa menekan angka korupsi, gratifikasi, dan mencegah terjadinya OTT (Operasi Tangkap Tangan). Karena aplikasi ini tidak memungkinkan adanya transaksi tunai, semua non tunai dan bisa di-monitoring,” pungkas Danny.


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com