Senin, 22 Oktober 2018

Berkonsep Wisata Bahari, Pemkot Siapkan 1.000 Balon untuk F8

2 minggu yang lalu | 8:06 am
Berkonsep Wisata Bahari, Pemkot Siapkan 1.000 Balon untuk F8

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (18/9/2018) – Kegiatan Makassar International Eight Festival and Forum (F8) akan menonjolkan konsep wisata bahari. Mulai dari pengadaan kebun binatang terapung (floating zoo) hingga fish market dengan menghadirkan 20 kapal nelayan.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto telah memberikan tanggung jawab kepada Dinas Peternakan dan Perikanan (DP2) untuk menghadirkan 20 kapal nelayan dengan jenis ikan yang berbeda.

“Konsep kita tahun ini, kita lebih banyak main di laut disamping meningkatkan kualitas di darat. Karena, Makassar khususnya Sulawesi Selatan ini kultur maritimnya lebih dominan,” kata Danny, Senin (17/9/2018).

Pemerintah Kota (Pemkot) makassar juga menyiapkan seribu balon gas. Balon itu dimodifikasi berbentuk seperti ubur-ubur dan ditampilkan di laut lepas antara Center Poin Of Indonesia (CPI) dengan City Of Makassar. Balon gas itu nantinya disusun rapi berbentuk tulisan “F8 2018″.

“Ini (fly avatar) barupa balon gas, tapi covernya seperti ubur-ubur dan kalau malam hari menyala karena ada lampunya didalam. Tapi inikan tidak tahan lama, makanya kita siapkan 1000 balon, jadi tiap hari kita ganti,” jelasnya.

Dia juga telah merancang konsep makan malam dengan seluruh duta besar dari berbagai negara di pasir putih Center Poin Of Indonesia (CPI). Dilanjutkan dengan menikmati malam diatas kapal phinisi diiringi dengan musik ilustrasi disepanjang Anjungan Pantai Losari.

Selain menghadirkan diplomat dari berbagai negara, Danny juga tengah berupaya agar Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo, bisa ikut memeriahkan event yang akan dihelat 10 Oktober 2018 mendatang.

Lanjut Danny, kemeriahan F8 tidak hanya dilirik oleh pemerintah daerah di Indonesia melainkan negera-negara dunia turut serta. Terbukti, hingga, Senin (17/9) ada sekira 24 negara yang sudah konfirmasi kehadiran.

“Terakhir, Duta besar Italia, Belgia dan Amerika sudah konfir akan hadir. Maka kita menunggu, saya prediksi 30 negara akan hadir,” katanya

“Untuk kota, ada 35 Kota yang siap hadir, prediksi 50 kota akan hadir,” tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Rusmayani Madjid mengatakan, pihaknya mengapresiasi bantuan yang bakal diberikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) di event Nasional, F8. Bahkan pihaknya siap memberikan proposal bantuan dalam waktu dekat.

“Pemerintah provinsi bersinergi dengan pemerintah kota, itu perintah pak Gubernur dan itu kita apresiasi,” katanya

Lanjut Maya, sapaan akrabnya, pihaknya belum mengetahui bantuan seperti apa nantinya, namun yang jelas secara garis besar bantuan tersebut yakni pelibatan Pemprov untuk menyukseskan F8 tahun ini.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com