Rabu, 21 November 2018

Berkat Bank Sampah, Kebutuhan Murid Sekolah Terpenuhi

6 bulan yang lalu | 8:27 am
Berkat Bank Sampah, Kebutuhan Murid Sekolah Terpenuhi

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (4/4/2018) – Jelang ujian sekolah, para nasabah bank sampah beramai-ramai menarik tabungannya. Mereka sangat terbantu dengan keberadaan bank sampah di kota Makassar ini. Seperti nasabah Bank Mandiri Sejahtera.

“Mereka datang beramai-ramai mencairkan tabuangannya untuk kebutuhan sekolah anak mereka,” aku Ketua Asosiasi Bank Sampah Indonesia, Saharuddin Ridwan, Selasa (3/4/2018).

Menurut dia yang juga Ketua Yayasan Peduli Negeri (YPN), semenjak Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menghadirkan UPTD Bank Sampah pusat, manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Termasuk pada program Makassar Tidak Rantasa’ (MTR). “Sampah itu bisa bermanfaat apa saja jika cara pandang kita sama menjadikan sampah sebagai sumber daya. Bank sampah adalah satu solusi untuk menciptakan MTR dengan tujuan lingkungan jadi bersih, ada manfaat sosialnya dan dampak ekonominya,” ujarnya.

Dia menambahkan, manfaat Bank Sampah yang juga menjadi solusi pembayaran retribusi sampah lewat bank sampah sehingga kedepannya masyarakat kota Makassar bisa dengan mudah membayar retribusi lewat sampah yang mereka tabung di Bank Sampah.

“Saat ini tercatat 70 ribu rumah tangga yang merasakan manfaat dari bank sampah, perputaran uang setiap hari 20 juta hingga 30 juta per hari, dana itu disiapkan untuk membeli sampah dari bank sampah unit warga,” tutupnya.


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com