Selasa, 17 Oktober 2017

Begini Rancangan APBDP 2017 Pemkot Makassar

1 minggu yang lalu | 1:11 am
Begini Rancangan APBDP 2017 Pemkot Makassar

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (25/9/2017) – Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Kota Makassar, Erwin Haiya memaparkan sejumlah perubahan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun 2017.

“Sebagian besar hanya mencakup penyesuaian pendapatan yang berasal dari pemerintah pusat,” kata Erwin, Senin (25/9/2017).

Salah satunya, yaitu tambahan Dana Alokasi Khusus (DAK) menyangkut revolving yang tidak sempat cair pada penganggaran tahun lalu. Jumlahnya sekitar Rp55 miliar.

Kemudian, penurunan Dana Alokasi Umum (DAU) sekitar Rp24 miliar. Selanjutnya penurunan DAK non fisik untuk tunjangan sertifikasi guru.

“Sehingga boleh dikatakan perubahan tahun ini, ruang fiskalnya tidak sebesar tahun-tahun sebelumnya,” ujar Erwin.

Dalam APBD perubahan, lanjutnya, Pemkot Makassar lebih banyak melakukan penyesuaian. Termasuk harga bahan bakar saat ini, penilaian terhadap sisa lebih perhitungan. Dan yang paling utama, yaitu tunjangan transportasi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar.

“Jadi perubahan krusial tidak terlalu banyak. Praktis hal-hal yang strategis mengenai APBD perubahan cuma itu saja. Jadi secara total volume APBD, mungkin akan turun dibandingkan Rp3,8 miliar saat APBD kemarin,” pungkasnya.


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com