Minggu, 20 Oktober 2019

Bantuan Modal Pedagang di Kanrerong Karebosi Disalurkan Bulan ini

6 bulan yang lalu | 9:23 am
Bantuan Modal Pedagang di Kanrerong Karebosi Disalurkan Bulan ini

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (25/3/2019) – Dinas Koperasi (diskop) Kota Makassar, menargetkan bantuan pinjaman modal bagi para pedagang di Kanrerong ri Karebosi dibilangan Jalan RA Kartini Makassar, mulai disalurkan bulan Maret ini.

Kepala Bidang Pembiayaan Simpan Pinjam Diskop Makassar, Idris mengaku, pihak PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, yang bekerjasama dengan Pemkot Makassar mulai memproses hal ini. Pihak pemberi bantuan, dikatakan sudah menyetujui permintaan para pedagang.

“Iya, insya Allah bulan ini sudah bisa disalurkan,” kata Idris, Senin, (25/03/2019). Hanya saja, lanjut dia, pihaknya belum mengetahui pasti ada berapa pedagang yang bakal mendapat bantuan modal.

Pasalnya, diakui Idris tidak semua pedagang yang mengusulkan bantuan pinjaman modal, disetujui permintaannya. Salah satu alasannya, karena ada yang bermasalah terkait administrasi dan riwayat pinjaman di bank lain.

Jumlah bantuannya pun bervariasi tiap pedagang. Untuk nilainya, masih akan dibicarakan lebih lanjut oleh pihak BNI sebagai pihak pemberi modal.

“Inikan hari Jumat sore kemarin baru saya dapat info. Tapi ini sudah di-acc sama pihak BNI,” papar dia. Namun Idris menaksir, nilai bantuannya sekitar Rp5-Rp10 juta tiap pedagang.

Maka itu, pekan ini Diskop Kota Makassar akan membicarakan kembali persoalan teknis terkait pemberian bantuan pinjaman modal ini. Dia mengaku, akan bertemu dengan pihak BNI dalam waktu dekat ini.

“Teknis penyalurannya juga, nanti dibicarakan sama pimpinan dan pihak BNI bagaimana. Apakah diserahkan secara simbolis atau bagaimana. Nanti saya ketemu lagi dengan pihak BNI,” katanya.

Diketahui, sebelumnya Pemkot Makassar sudah melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) kerja sama kemitraan pembiayaan lunak bagi PKL Kanrerong ri Karebosi dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, di Ruang Sipakatau lantai 2 Balaikota Makassar, 21 Februari lalu.

Pelaksana tugas (Plt) Diskop Kota Makassar, Harun Rani tak menampik bakal tersalurnya bantuan pinjam modal ini. Dia berharap, bulan ini sudah diserahkan kepada para pedagang yang sudah diverifikasi oleh pihak bank.

“Pak Kabid sudah proses itu. Dalam waktu dekat mau mi tersalur itu. Insya Allah bulan ini,” singkat Harun yang dikonfirmasi melalui telepon selulernya.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com