Selasa, 23 Oktober 2018

Bantu Permodalan, Disdag Fasilitasi PKL Bertemu Pihak Perbankan

2 bulan yang lalu | 1:13 pm
Bantu Permodalan, Disdag Fasilitasi PKL Bertemu Pihak Perbankan

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (17/7/2018) – Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar terus berupaya meningkatkan usaha pedagang kaki lima (PKL). Termasuk dengan menfasilitasi untuk mendapatkan modal usaha.

Kepala Bidang Usaha Perdagangan, Ikhsan NS, mengaku pihaknya melibatkan sedikitnya 3 bank untuk dipertemukan dengan para PKL. Ketuga bank tersebut yakni BRI, Bank Sulselbar, dan Bank Hasa Mitra.

Para PKL dipertemukan dengan pihak bank dalam kegiatan sosialisasi Program Fasilitasi Modal Usaha bagi PKL dan Pedagang Asongan, di salah satu hotel di Makassar, Senin (16/7/2018).

“Jadi kita memberikan pemahaman kepada pedagang kaki lima dan pedagang asongan dalam hal mengelola aspek permodalan, sekaligus memberikan fasilitas kepada mereka mempertemukan dengan pihak perbankkan agar mereka bisa mendapatkan bantuan permodalan dengan cara yang mudah,” jelas Ikhsan.

Sedikitnya ada 175 PKL dan pedagang asongan yang terlibat, mereka tersebar hampir di semua kecamatan yang ada di Makassar.

Dia berharap, setelah mengikuti kegiatan tersebut, para pelaku usaha PKL bisa mengelola modal usahanya dengan baik dan tepat sasaran.

Pasalnya, menurut Ikhsan seringkali ada juga pelaku usaha yang menggunakan modal tersebut untuk kepentingan pribadi, buka kepentingan usaha.

“Nanti teknisnya, pedagang kaki lima dan pedagang asongan yang langsung berhubungan dengan pihak perbankkan, kita hanya menfasilitasi dan memediasi mereka. Ada tiga bank yang kita libatkan, yaitu Bank Republik Indonesia (BRI), Bank Sulselbar, dan Hasa Mitra,” lanjutnya.

Selain menghadirkan pihak perbankkan, pihaknya juga menghadirkan Badan Perencanaan dan Pembangunan Dearah (Bappeda) guna membahas perihal bagaimana merencanakan suatu kegiatan usaha.

Serta SKPD terkait lainnya, seperti Dinas Koperasi dan UMKM dan Bagian Kerjasama.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com