Senin, 23 Oktober 2017

Banggai Laut Akan Jadi Kabupaten Eko Wisata

4 tahun yang lalu | 12:24 pm

Baca Juga

SULAWESI TENGAH, WARTATIMUR.COM – Kabupaten Banggai Laut merupakan sebuah kabupaten baru di Sulawesi Tengah. Kabupaten pemekaran dari Kabupaten Banggai Kepulauan provinsi Sulawesi Tengah yang baru dimekarkan pemerintah pada 14 Desember 2012.

Dengan luas wilayah 725,67 km², kabupaten yang terdiri atas gugusan pulau-pulau kecil yang indah ini, menjadi sebuah kabupaten yang prospek. Memiliki potensi menjadi salah satu destinasi wisata.

Bupati Banggai Laut, Hidayat Lamakarate, menjelaskan, selain fokus pada penataan kelembagaan birokrasi, dirinya sedang berusaha bersama seluruh elemen masyarakat Banggae Laut mendorong Kabupaten termuda di Sulawesi Tengah ini menjadi kabupaten berbasis eko wisata bahari.

“Dengan potensi alam yang dimiliki, utamanya pada sektor pariwisata yakni gugusan pulau dan wisata sejarah yang dimiliki, maka menjadi tugas sejarah saya sebagai pejabat bupati untuk berbuat bagi masyarakat Banggai Laut,” kata Hidayat kepada Wartatimur.com.

Mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Palu ini, menambahkan, kabupaten eko wisata adalah sebuah kabupaten yang bertumpu pada sektor pariwisata dengan berbasis pada konsep ekologis.
Sebagaimana definisi World Wide Fund for Nature (WWF) istilah ekowisata diartikan sebagai perjalanan seorang turis ke daerah terpencil dengan tujuan menikmati dan mempelajari alam, sejarah, dan budaya. Dimana pola wisatanya dapat membantu ekonomi masyarakat lokal dan mendukung pelestarian alam.

Mengacu pada konsep WWF tersebut, Kabupaten Banggai Laut memenuhi seluruh kriteria tersebut yakni perjalanan wisata unik dan menarik, alam yang indah dengan pulau-pulau kecilnya, sejarah kebudayaan kerajaan dan pemberdayaan masyarakat untuk menjaga dan mengelola sektor pariwisatanya.

“Integrasi seperti inilah yang kita harapkan terjadi di Kabupaten Banggai Laut pada masa akan datang tentu saja dengan melakukan serangkaian percepatan baik pada sisi birokrasi pemerintahan, infrastruktur, dukungan swasta dan terutama kesiapan masyarakat,” tutup Hidayat. Adv. (ABR)


Penulis : ABR
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com