Sabtu, 21 Juli 2018

Ayo ke Makassar, Surga Wisata Bahari

3 bulan yang lalu | 6:49 am
Ayo ke Makassar, Surga Wisata Bahari

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (17/2/2018) – Potensi wisata bahari Makassar menawarkan sejuta pesona. Makassar menjadi surga wisata bahari bagi mereka yang mencintai kehidupan pulau dan pesisir.

Makassar memiliki luas wilayah 175.77 km2, dengan luas perairan sekira 100 km2. Di sepanjang Selat Makassar membentang 11 pulau atau disebut juga gugusan pulau spermonde yang jika dilihat dari udara, bentuknya menyerupai sperma.

Di antara 11 pulau di Makassar, 10 diantaranya adalah pulau berpenghuni diantaranya Pulau Lae – Lae, Samalona, Kodingareng, Barrang Lompo, Barrang Caddi, Bonetambung, Lumu – lumu, Langkai, dan Lanjukang.

Di akhir 2016 lalu, Pemerintah kota (Pemkot) Makassar resmi membentuk Kecamatan Kepulauan Sangkarrang agar masyarakat pulau tidak lagi menjadi warga yang terpinggirkan dari kebijakan pemerintah.

Sumber daya hayati yang dimiliki pulau-pulau di Makassar menjadi magnet bagi wisatawan. Potensi terumbu karang, hamparan pasir putih, air laut dengan warna hijau kebiruan, padang lamun, dan ikan herbivora menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Mereka dapat menikmatinya dengan berjalan di sepanjang bibir pantai, bersantai di hammock ditemani semilir angin, menyelam ataupun snorkling. Berbagai event pariwisata juga dihelat pemerintah kota Makassar untuk mendongkrak kunjungan wisatawan. (*)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com