Minggu, 15 Desember 2019

Atasi Macet, Makassar Bersiap Terapkan Sistem Ganjil Genap

2 bulan yang lalu | 11:23 am
Atasi Macet, Makassar Bersiap Terapkan Sistem Ganjil Genap

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (30/8/2019) – Kemaceten lalu lintas menjadi salah satu permasalahan klasik di Kota Makassar. Untuk mengatasi problematika tersebut, sistem nomor polisi kendaraan ganjil-genap di jalan bakal diterapkan. Penerapan aturan yang sudah lebih dulu berlaku di DKI Jakarta ini atas arahan dari Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel, Fahlevi, mengungkapkan Kota Makassar menjadi salah satu wilayah dari lima daerah yang didorong menjadi kota percontohan penerapan sistem lalu lintas yang baik. Empat daerah lain yakni Surabaya, Medan, Bali, dan Bandung.

“Terkait saran Dirjen Perhubungan Darat agar lima kota besar itu mengambil langkah-langkah mengatasi kemacetan. Salah satu opsinya mengenai penerapan ganjil genap,” kata Fahlevi,

Atas rekomendasi tersebut, Dishub Sulsel ke depan akan melakukan berbagai langkah menjalankan agenda itu. Dia menyebut akan melakukan kajian atas ruas jalan yang tepat untuk memulai penerapan sistem ganji genap.

Pasalnya, dia menyebut penerapan ini tidak mudah. Ada beberapa kendala yang lebih dulu harus ditangani, salah satunya hambatan samping yang ada di jalan. “Kalau saya yang harus dikaji dulu penanganan hambatan samping kiri kanan dan perpakiran. Itu paling mendesak,” paparnya.

Hambatan samping merupakan dampak terhadap kinerja lalu lintas, yang berasal dari aktivitas samping segmen jalan. Hambatan ini berupa pejalan kaki yang tidak berjalan di trotoar hingga penggunaan angkutan umum atau kendaraan yang berhenti sembarangan yang menyalahgunakan fungsi tata guna lahan samping jalan.

“Sebenarnya kita itu berpotensi menerapkan ganjil genap. Cuma sekarang terkendala karena itu juga, belum maksimalnya penggunaan public transportation. Ini persoalan pemanfaat transportasi umum,” pungkasnya.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com