Sabtu, 22 September 2018

Atasi Genangan Air, Dinas PU Makassar Berkoordinasi ke Balai Jalan

6 bulan yang lalu | 6:27 pm
Atasi Genangan Air, Dinas PU Makassar Berkoordinasi ke Balai Jalan

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (24/2/2018) – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar tahun ini kembali menganggarkan program pembangunan, rehabilitasi dan pemeliharaan saluran drainase serta gorong-gorong.

Kepala Bidang Drainase dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Dinas PU, Fuad Azis menjelaskan, salah satu titik kritis genangan air terjadi di Jalan AP Pettarani. Kendati menjadi kewenangan Balai Besar Jalan Nasional, Dinas PU juga turut andil dalam pengerukan drainase di jalan tersebut.

Menurutnya pengerukan di Jalan AP Pettarani yang dilakukan sejak Desember telah selesai. Aliran air dari Jalan AP Pettarani ditembuskan ke daerah Sinrijala dan Jalan Rappocini.

“Kita bersinergi dengan Balai Besar Jalan. Mereka mengeruk sisi kanan Rappocini, kita sisi kiri,” ujarnya.

Satgas yang diturunkan sebanyak 3 kelompok yang tiap kelompoknya berisi 10 orang, tiap kelompok itu, dibagi ke dalam 3 tim. Tiap tim bekerja dalam radius 20 meter yang nantinya satgas tersebut mulai bekerja sejak Januari lalu. Tiap petugas ditarget mengangkat 0,4 kubik per hari.

Saat ini, petugas yang ada sebanyak 320 orang. Mereka mengeruk sedimen drainase sekitar 7 juta kubik per tahunnya dengan panjang saluran drainase 3.323 juta meter. Itu tersebar di 14 Kecamatan. Untuk mengaktifkan saluran drainase yang belum tersentuh sama sekali pun Dinas PU berencana menambah 100 satgas lagi.

Sekadar diketahui, besaran anggaran yang disiapkan Dinas PU Makassar pada program rehabilitasi saluran drainase/gorong-gorong Rp15,3 miliar. Kemudian Gerakan Bersih Saluran Drainase (GBSD) Rp392 juta, pemeliharaan rutin berkala saluran drainase/gorong-gorong Rp20,5 miliar dan program pembangunan saluran drainase/gorong-gorong sebesar Rp17,8 milliar. (*)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com