Kamis, 16 Juli 2020

Asrul, Pembunuh Nurhalimah Terancam Dihukum Mati

6 tahun yang lalu | 6:59 am
Asrul, Pembunuh Nurhalimah Terancam Dihukum Mati

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM – Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar, bidang pidana umum (pidum), telah melimpahkan berkas perkara Asrul (18) ke Pengadilan Negeri Makassar, untuk segera disidangkan.

Asrul adalah pelaku pembunuhan sadis yang disertai pemerkosaan terhadap Nur Halima mahasiswi Universitas Negeri Makassar (UNM) yang dilakukan di tempat kerjanya jalan Emy Selan, Kecamatan Rappocini, beberapa bulan lalu.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Makassar, Irwan Datuiding, mengatakan dalam waktu dekat ini kasus tersebut bakal masuk pada sidang perdana di Pengadilan Negeri Makassar.

“Berkasnya sudah sudah kami limpahkan ke pengadilan untuk segera disidangkan. Pokoknya dalam waktu dekat. Majelis hakimnya sudah ada, jadi tinggal tunggu waktu,” Kata irwan yang ditemui di kantornya, Kamis (23/1)

Irwan menambahkan, tersangka bakal dikenakan pasal berlapis, yakni pasal 338 KUHP, tentang pembunuhan secara sengaja, dan pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana, dengan ancaman pidana hukuman mati.

“Tersangkanya bakal kami jerat dengan pasal 338 dan 340 KUHP, dengan ancaman pidana hukuman mati. Kasus ini merupakan kasus terakhir yang akan saya tangani di Kejari Makassar sebelum pindah ke Kejati Sulsel,” kata Irwan.

Sementara itu, Arie Candra, yang akan bertindak sebagai Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada persidangan nanti, mengatakan, dirinya akan mempermantap unsur perencanaan pembunuhan yang dilakukan oleh tersangka Asrul, yang ditangkap oleh unit khusus reserse kriminal Kepolisian Sektor Kota (Polsekta) Rappocini di kota Parepare, sehari setelah pembunuhan tersebut.

“Pasti kami akan meproses tersangka sesuai undang-undang dan pasal yang dikenakan, yakni pembunuhan berencana. Kami juga akan mempersiapkan saksi-saksi yang akurat,” ungkapnya. (NR)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com