Minggu, 20 Oktober 2019

April, Makassar F8 Akan Diluncurkan di Kementerian Pariwisata

6 bulan yang lalu | 6:18 am
April, Makassar F8 Akan Diluncurkan di Kementerian Pariwisata

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (20/3/2019) – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar, bakal me-launching Makassar International Eight Festival and Forum atau F8 tahun 2019 di Kementerian Pariwisata, April mendatang.

Kepala Bidang (kabid) Ekonomi Kreatif Dispar Makassar, Amelia Malik mengatakan, pihaknya sudah meminta dukungan Gubernur Sulsel untuk rencana peluncuran F8 ini di Kementerian Pariwisata.

Hal ini disampaikan saat melakukan audiensi di Rumah Jabatan (rujab) Gubernur Sulsel, Selasa, (19/03/2019).

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menerima langsung rombongan Pemkot Makassar. Diantaranya, Sekretaris Kota Makassar, M Ansar, Kepala Dispar Makassar, Kamelia Thamrin Tantu didampingi Kabid Ekonomi Kreatif, dan Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar, Sittiara Kinnang.

“Makassar kan melalui F8 masuk top 10 even nasional. Sehingga kami bermohon support-nya pak gubernur untuk bisa me-launching even ini di Kementerian Pariwisata. Hari ini juga kita bermohon ke pak menteri. Semoga pak menteri bersedia me-launching F8 di awal April,” tutur Amelia.

Dijelaskan Amelia, pelaksanaan F8 tahun ini mengusung tema, 4.0 milenials era. Topik yang kata dia, sedang digandrungi masyarakat kekinian.

Item kegiatannya pun, yakni F8 (fashion, film, food & fruit, folk, flora & fauna, fine arts, fusion music, serta fiction writers), akan menjurus terkait revolusi industrui 4.0.

“Persiapannya, tema sudah kita tetapkan. Dan konten masing-masing F sementara dibuat. Target kita pengunjung tentu kita harapkan mencapai lebih 2,5 juta dan harapan kita dari 2,5 juta itu 80% di luar Makassar. Tentunya sangat kita harapkan wisatawan mancanegara,” terang dia.

Ditambahkan Amelia, Dispar Makassar menganggarkan Rp3 miliar dari APBD 2019 untuk kegiatan F8 tahun ini. Meski begitu, menggalang bantuan dari pihak sponsor tetap dilakukan untuk memaksimalkan acara.

Diketahui, Makassar International Eight Festival and Forum atau F8 sudah memasuki tahun keempat pelaksanaanya pada 2019. Kegiatan ini sendiri bakal berlangsung 3-7 September mendatang.

Tahun 2018 lalu, even ini resmi berhasil masuk sebagai top 10 even nasional Kemenpar RI. Hal itu berdasarkan SK Menteri Pariwisata RI Nomor KM.162/HM.304/MP/2018 tentang Penetapan 100 Wonderful Event dan Top 10 Nasional Events Sebagai Calender Of Events Kementrian Pariwisata 2019. “Jadi ini F8 sudah masuk kalender nasional,” tegas Amelia. (*)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com