Jum'at, 24 November 2017

Apa Perbedaan Pallumara dan Pallukacci?

2 minggu yang lalu | 4:22 am
Apa Perbedaan Pallumara dan Pallukacci?

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (30/10/2017) – Pemerintah Kota Makassar telah menetapkan 10 ikon kuliner Makassar, salah satunya adalah Pallumara.

Cerita singkat dari Dinas Pariwisata Makassar, Pallumara merupakan makanan khas Makassar yang berbahan dasar ikan.

Pallumara berasal dari kata“pallu” yang berarti masak dan “mara” yang berarti kering dalam hal ini kental. Secara keseluruhan pallumara adalah makanan olahan ikan yang dimasak dengah yang kental.

Kabid Destinasi Pariwisata Makassar Andi Karunrung menjelaskan, di kalangan masyarakat, Pallumara dikenal dengan dua jenis, yakni pallumara dan pallu kacci.

Namun, ada beberapa hal yang membedakan keduanya, meskipun secara sekilas keduanya tampak sama.
Pertama, pallumara menggunakan asam Jawa, sementara pallu kacci menggunakan irisan mangga yang dikeringkan untuk memberikan sensasi kecut.

Perbedaan kedua terletak pada proses memasaknya. Memasak pallu kacci hanya mendidih sekali, sedangkan pallumara bisa lebih dari dua kali menambahkan air setelah didihan pertama. Inilah yang menyebabkan pallumara menjadi agak kental.

“Makanan ini dimasak dengan kuah berbumbu asam jawa, daun sereh, kunyit, bawang merah, bawang putih, garam serta penyedap rasa secukupnya hingga seluruh bumbu meresap pada ikan hingga mengering,” kata Andi Karunrung.

Di Makassar sendiri, Pallumara bayak di temukan di warung makan seafood dan kawasan kuliner Ujung Pandang. Agar tidak punah dari modernisasi, sebagian pengusaha di Makassar memasak Pallumara dengan irisan potongan ikan merah atau ikan sunu. Bahkan ada juga yang menyajikan kepala ikan saja.


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com