Rabu, 22 November 2017

Apa Makna Merdeka bagi Generasi Muda Makassar ?

4 tahun yang lalu | 6:59 am
Apa Makna Merdeka bagi Generasi Muda Makassar ?

Baca Juga

Makassar-Wartatimur.com- Besok 17 Agustus, merupakan hari peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 68. Bagaimana generasi muda makassar memberi makna kemerdekaan ?

‘Kemerdekaan adalah kebebasan, bebas dari penjajahan dan penindasan bangsa asing’, ujar Rustam (26 tahun) mahasiswa kelautan unhas angkatan 2008.

Tak jauh berbeda dengan Rustam, Irwan (30 tahun) ‘seorang pengusaha ekspedisi menyampaikan bahwa merdeka adalah kebebasan mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam indonesia oleh rakyat negeri ini sendiri’.

Pendapat yang berbeda muncul dari Ade Irma (25 tahun) seorang aktivis lembaga ekstra kampus dari Universitas Muslim Indonesia (UMI), bagi Irma bahwa kini negara ini belum merdeka, karena merdeka berarti kebebasan sementara rakyat kini belum bebas, ungkap Irma.

‘Coba anda renungkan hampir seluruh sektor sterategis di negara ini dikuasai oleh perusahaan asing sehingga banyak dari rakyat kita kesulitan untuk mendapatkan pekejaan yang layak, belum lagi persoalan korupsi yang dilakukan oleh sejumlah elit negeri ini yang sama artinya menjajah bangsa sendiri.

‘Karena itu juga berarti membuat rakyat miskin sementara mereka semakin kaya’. Itu juga artinya belumki merdeka tutup mahasiswa UMI angkatan 2010 ini.

Sementra itu, Sisca (16 tahun) seorang siswi salah satu SMU di kota Makassar memiliki definisi sendiri tentang merdeka. ‘Merdeka itu artinya 17 agustus,berarti upacara bendera dan banyak lomba-lomba’, ungkap gadis belia dengan rambut panjang terurai ini.

Memang kemerdekaan punya banyak makna bagi generasi muda Makassar, ‘namun jika di maknai secara sederhana bisa jadi merdeka  merupakan kesempatan yang sama bagi seluruh rakyat indonesia menghirup udara bangsa dan negara ini’.

 

 

 

 

 


Penulis : ABR
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com