Sabtu, 19 Oktober 2019

Antrian Online Segera Diterapkan di Disdukcapil Makassar

3 minggu yang lalu | 10:50 am
Antrian Online Segera Diterapkan di Disdukcapil Makassar

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (7/9/2019) – Jika biasanya masyarakat direpotkan dengan pengambilan nomor antrian yang berurusan dengan calon antrian, maka saat ini sistem itu mulai dihapus.

Masyarakat Kota Makassar bakal lebih dimudahkan dengan sistem online untuk mengambil nomor antrian. Sistem ini segera diterapkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar.

Menurut Kepala Disdukcapil Kota Makassar, Aryati Puspasari Abadi, antrian online ini juga bertujuan untuk meminimalisir calo. Pasalnya, nomor induk kependudukan (NIK) hanya bisa dipakai sekali untuk mendapatkan nomor antrian melalui website www.dukcapilmakassar.co.id

“Jadi satu hari cuma bisa satu kali mendaftar menggunakan NIK,” terang Aryati kepada SINDOnews.

Kemudahan lainnya, kata Puspa, masyarakat yang sudah mendaftar online masih bisa mengecek nomor antrian yang sudah dilayani melalui telepon selulernya. Sehingga, jika nomor antriannya masih lama masyakat bisa mengurus keperluan lain sebelum gilirannya tiba.

“Kalau masyarakat datang terlambat kita juga berikan toleransi, jadi tetap kita layani dengan syarat harus menunggu sepuluh nomor antrian didepannya selesai dilayani,” ujarnya.

Puspa menerangkan layanan antrian online ini belum dilaunching secara resmi. Sebab, pihaknya masih melakukan uji coba sebelum sistem ini betul-betul diterapkan.

Uji coba ini dilakukan untuk melihat kendala-kendala yang kemungkinan dihadapi diwaktu mendatang, sehingga pihaknya masih melakukan penyempurnaan.

“Kita mulai uji coba sejak Kamis kemarin, sejauh ini belum ada masalah yang mendasar, tapi kalau misalnya ada masalah akan kita kita terus sempurnakan,” ungkapnya.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com