Kamis, 5 Desember 2019

Adventure Dive di Pulau Samalona

4 tahun yang lalu | 12:23 pm
Adventure Dive di Pulau Samalona

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (2/6/2015) – Pulaunya kecil, panoramanya indah dengan sajian pesona yang beragam, mulai dari hamparan pasirnya yang putih, airnya yang jernih hingga pesona bawa lautnya yang begitu menawan semakin memikat hati para pengunjung untuk berkunjung di pulau yang satu ini.

Anda suka Traveling jangan lupa untuk berkunjung di Pulau Samalona. Lokasi destinasi wisata bahari ini berada di kota Makassar Sulawesi Selatan. Menuju pulau ini hanya bisa dijangkau dengan menggunakan jasa transportasi laut dengan menempuh jarak sekitar 24 km dari arah kota Makassar. Adapun jenis perahu yang digunakan dapat berupa speed boat, perahu motor atau Jolloro (perahu nelayan).

Nego Jasa Transportasi
Menggunakan jasa transportasi laut menuju Pulau Samalona, para calon pengunjung pulau ini sebaiknya pandai-pandai menawar. Perahu tersebut dapat ditemukan di dermaga Kayu Bangkoa, Dermaga Popsa dan Dermaga depan Benteng Rotterdam. Harga sewa transportasi ke Samalona sekitar 500 ribu PP. Perjalanan ke destinasi yang menawarkan aneka ragam pesona ini dijangkau sekitar 30 menit.

Pasir Putih dan Pesona Bawah Laut
Saat Anda melakukan trip ke Pulau Samalona, terlebih dahulu Anda menyaksikan bibir laut kota Makassar dari arah tengah laut. Selain itu juga akan menyaksikan beberapa pulau yang Anda lalui sebelum tiba di Samalona. Setiba di Pulau Samalona, pengunjung akan disuguhi hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Dengan kejernihan air yang dimiliki Samalona sehingga para pengunjung dapat menyaksikan langsung keindahan bawa laut, berupa terumbu karang, ikan dan keindahan lainnya.

Snorkeling & Diving
Selain mengandalkan keindahan pasir putihnya, berkunjung kesini sempatkanlah untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Menyelamlah agar Anda dapat menyaksikan langsung terumbu karang khas Pulau Samalona, ikan laut yang berwarna-warni, kuda laut dan sejumlah keindahan bawah laut lainnya.

Fasilitas Memadai
Anda tidak usah ragu akan ketersediaan fasilitas di pulau seluas dua hektar ini sebab di sini semuanya tersedia, mulai dari fasilitas warung/ restaurant, toilet, kamar mandi, gazebo, hingga ketersediaan alat-alat nyelam dan snorkeling pun ada tersedia di sini. Harganya pun cukup terjangkau. Selain itu, bila Anda ingin menginap di pulau ini, jangan ragu karena fasilitas penginapan juga ada yakni homestay dengan fasilitas yang memadai.

Bakar Ikan Bersama Kerabat
Di pulau ini ternyata tidak membatasi para pengunjung untuk membawa bahan makanan dari luar. Beberapa rombongan tampak memilih membawa ikan sendiri dari Makassar kemudian membayar orang di pulau untuk membakarkan. Tetapi jika Anda tidak mau repot, di pulau tersebut juga tersedia olahan masakan khas daerah pesisir, seperti ikan dan kepiting bakar, cumi-cumi, dan hasil laut lainnya. (NM)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com