Selasa, 18 Juni 2019

5 Wisata Kuliner Legendaris di Makassar, Lezatnya Bikin Nagih!

3 minggu yang lalu | 6:32 am
5 Wisata Kuliner Legendaris di Makassar, Lezatnya Bikin Nagih!

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (21//5/2019) – Sering disebut Waterfront City, Makassar menjadi salah satu tujuan wisata di Pulau Sulawesi. Selain menawarkan destinasi alam yang menakjubkan, kota ini juga memiliki warisan kuliner yang kaya.

Jadi, kalau kamu jalan-jalan ke Makassar, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi sajian khas dari kota ini, ya. Nah, berikut adalah lima wisata kuliner legendaris di Makassar yang dijamin bikin kamu ketagihan.

1. Sop Saudara Irian dan Andalas 65
Sop saudara adalah salah satu kuliner legendaris Makassar yang patut kamu coba. Ada banyak warung yang menjual menu sup berkuah kental ini. Namun, Sop Saudara Irian dan Andalas 65 adalah yang paling ramai pembeli. Untuk Sop Saudara Irian, lokasi warung ini berada di sekitar Pasar Sentral Makassar atau tepatnya tak jauh dari Lapangan Karebosi.

Untuk menikmati semangkuk sop saudara, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp25.000 saja. Ingin lebih maknyus? Jangan lupa untuk menyantapnya bersama perkedel, telur asin, dan irisan jeroan sapi.

2. Sop Konro dan Konro Bakar Karebosi
Sop Konro Karebosi adalah tempat kuliner legendaris yang bisa kamu temukan di Jalan Gunung Lompobattang, atau tepatnya di belakang gedung Bank Indonesia. Menyajikan sop konro dan konro bakar yang menggugah selera, warung ini didirikan oleh Haji Hanafi.

Satu porsi sop konro dibanderol dengan harga Rp43.000 (belum termasuk nasi putih), sementara konro bakarnya sekitar Rp45.000. Sop konro sendiri merupakan makanan khas Makassar yang terbuat dari tulang iga sapi. Akan lebih nikmat apabila sup ini disantap bersama buras, sejenis lontong tetapi bentuknya pipih dan diikat tali.

3. Pallubasa di Jalan Onta dan Serigala
Pallubasa sekilas memang mirip Coto Makassar, Namun, hidangan ini memiliki tambahan kelapa sangrai dan telur setengah matang di atasnya. Kalau kamu ke Makassar, ada dua tempat makan yang terkenal dengan menu pallubasanya, yakni Warung Pallubasa di Jalan Serigala dan Jalan Onta.

Untuk isiannya, kamu bisa memesan sesuai selera. Misalnya saja, kamu bisa minta ditambahkan irisan lidah sapi, bagian pipi sapi, atau full daging. Soal harga tak perlu khawatir, cukup Rp15.000 saja untuk satu porsi pallubasa yang super lezat.

4. Coto Makassar di Jalan Nusantara
Coto Makassar di Jalan Nusantara adalah salah satu tempat kuliner legendaris yang patut kamu kunjungi. Berlokasi dekat Pelabuhan Makassar, hidangan coto di warung ini sangat terkenal di kalangan wisatawan. Bahkan, banyak orang rela antre demi bisa mencicipi coto buatan Haji Tutu ini, lho.

Satu porsi coto Makassar dijual seharga Rp15.000, sedangkan sajian pelengkap seperti buras dibanderol Rp1000 saja. Warung coto ini juga membuka cabang di Jalan Merpati, tak jauh dari Bank Sulsel.

5. Mie Titi
Mie Titi adalah rumah makan Chinese food yang didirikan oleh Rusmin Kohen. Dirintis sejak 40 tahun lalu, Mie Titi menawarkan menu mi kering yang disiram dengan kuah gurih dari olahan sayur dan telur. Rasa gurihnya berasal dari udang dan irisan daging ayam.

Buat kamu yang suka pedas, Mie Titi biasanya juga disantap bersama irisan cabe rawit atau saus sambal racikan sendiri. Kelezatan itu bisa kamu rasakan hanya dengan Rp18.000 saja, lho. Selain buka di Jalan Irian, Mie Titi juga memiliki cabang di Jalan Datumuseng, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Bumi Tamanrea Permai, dan Jalan Boulevard.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com