Jum'at, 21 September 2018

5 Makanan Khas Makassar Selalu Ada di Bulan Ramadhan

2 bulan yang lalu | 9:54 am
5 Makanan Khas Makassar Selalu Ada di Bulan Ramadhan

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (20/6/2018) – Bicara soal makanan iftar atau makanan berbuka puasa, kota Makassar memiliki menu khas yang kerap menjadi favorit saat bulan Ramadhan. Apa saja? Berikut makanan iftar khas MakassaR
Sirup DHT

Sebotol sirup DHT disimpan di rumah sebagai pelengkap saat berbuka puasa. Entah dicampurkan di Pisang Ijo, Pallu Butung, Es Buah, Es Kelapa muda dan lain-lain. Rasanya akan berbeda jika memakai sirup merk lainnya.

Sirup ini juga nikmat disajikan langsung sebagai minuman. Tuang ke dalam gelas dan tambahkan air dingin hingga manisnya pas sesuai selera. Disajikan saat berbuka puasa atau kepada tamu yang datang bersilaturahim saat lebaran.

Kemasan sirup DHT sangat khas. Menggunakan botol kaca dengan desain label yang tidak pernah berubah sejak puluhan tahun yang lalu. Penggunaan kemasan kaca dimaksudkan untuk mempertahankan rasa dan aroma sirup. Hati-hati kalau membeli, perhatikan dengan teliti labelnya karena sudah beredar tiruannya. Meskipun mirip, namun kekentalan dan rasanya berbeda

Pisang Ijo

Makanan khas Makassar ini menjadi menu andalan melepaskan dahaga dan lapar. Selain membeli, banyak yang memilih membuat pisang ijo sendiri di rumah. Tentu kebersihan dan rasanya lebih terjamin. Modal pisang raja, tepung terigu, pandan, santan, gula, sirup DHT dan es batu jadilah pisang ijo.

Jalangkote

Di hari biasa jalangkote bisa dijumpai di warung, pasar atau seringkali dijajakan dengan berkeliling, maka di bulan puasa lebih mudah mendapatkan jalangkote. Jalangkote dan pastel, serupa tapi tak sama. Perbedaan mendasarnya terdapat pada kulit dan cara makan. Kulit jalangkote lebih tipis dan renyah dibandingkan pastel. Cara makannya dengan sambel cair yang dibuat dari campuran cuka dan cabe, sedangkan pastel umumnya dinikmati dengan cabe rawit.

Barongko

Barongko rasanya manis, dan lembut, dapat disajikan dalam keadaan dingin. Rasa manis akan mengembalikan stamina setelah seharian berpuasa menahan lapar dan dahaga, sedangkan tekstur barongko yang lembut memungkinkan lambung yang seharian kosong jadi lebih mudah untuk mencernanya.

Pallu Butung

Ada yang menyebutnya Pallu Butung, Palubutung atau Palabutung, makanan berbahan dasar pisang yang populer sebagai menu iftar khas Makassar. Pallu Butung mirip dengan pisang ijo, hanya pisangnya tidak dibalut dengan adonan hijau.

Perbedaan lainnya,Pisang Ijo biasa menggunakan pisang raja, sedangkan Pallu Butung menggunakan pisang kepok kuning yang sudah tua. Dapat disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin dengan menambah parutan es di atasnya. (*)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com