Jum'at, 21 September 2018

40 Jenis Layang-Layang di Langit Makassar Warnai Perayaan HUT RI

1 minggu yang lalu | 6:18 am
40 Jenis Layang-Layang di Langit Makassar Warnai Perayaan HUT RI

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (19/8/2018) – Pemerintah kota Makassar melalui Dinas Pariwisata memberikan suguhan terbaik pada peringatan kemerdekaan ke 73 RI. Salah satunya festival layang-layang yang berlangsung di Pantai Akkarena Makassar, Sabtu (18/8/18)

Diselenggarakan selama empat kali berturut-turut, sebanyak 40 jenis layang-layang menghiasi langit makassar. Festival layang-layang juga turut menghadirkan peserta dari luar negeri seperti dari Singapura.

“Event ini juga diikuti kurang lebih 20 peserta ada juga dari luar negeri yaitu dari Singapura. Kemudian ada 40 lebih tipe layang-layang. Yang membedakan dengan tahun kemarin kali ini kita diikuti oleh Singapura dan ada beberapa layang layang berukuran 3 dimensi sebanyak 20 layang layang,”beber Kepala Dinas Pariwisata kota Makassar, Rusmayani Madjid.

Dikatakan Rusmayani, apresiasi khusus untuk Singapura yang ikut pada festival kali ini yaitu dengan mengundang pada saat festival F8 nanti. Ia berharap ada exhibisi untuk mendongkrak pariwisata Makassar.

“Kegiatan ini tentunya diharapkan dapat menarik perhatian wisatawan. Dan kami berharap kegiatan ini akan semakin besar dari tahun ke tahun, dan bisa diikuti dari berbagai negara yang memang punya hobi bermain layangan,”katanya.

Senada Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kota Makassar, Muh Roem mengatakan bahwa festival layang-layang diikuti oleh organisasi Museum Layang Indonesia. Mereka membawa segala jenis bentuk layang-layang baik berbentuk dua dimensi maupun tiga dimensi.

“Layang-layang kan identik dengan permainan masyarakat, terus ini juga berkaitan dengan Asian Games, makanya nanti kami akan menerbangkan layang-layang Asian Games. Disamping juga hari ini libur panjang jadi masyarakat butuh hiburan,”lanjutnya.

Salah satu perwakilan dari Museum Layang Indonesia, Ade menjelaskan bahwa pada festival layang-layang di Makassar ini pihaknya melibatkan 13 orang, yang terdiri 11 orang dari luar Sulsel, satu orang dari Makassar, dan satu orang dari Singapura.

“Kami bawa dari Jakarta ada 30 layangan diantaranya oktopus, brich yang membentuk seperti gapura dan layangan naga. Yang spesial kali ini dalam festival layangan di Makassar yaitu layangan bersifat seni tradisional atau berbentuk wayang baik 2 dimensi maupun 3 dimensi. Tapi membuatnya mungkin agak repot karena membutuhkan banyak bahan,”jelasnya.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com