Minggu, 20 Oktober 2019

110 Guru SMA Makassar Dapat Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter

2 bulan yang lalu | 2:03 am
110 Guru SMA Makassar Dapat Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (17/7/2019) – Sekitar 110 Guru Sekolah Menenah Atas (SMA) atau sederajat, mendapat pelatihan penguatan karakter di Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jalan AP Pettarani Makassar, selama 2 hari (17-18/7/2019).

Pelatihan ini digelar oleh PT Charoen Pokphand Indonesia, melalui Charoen Pokphand Foundation Indonesia (CPFI) bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Univesitas Diponegoro Semarang memberikan Progam Bakti Pada Guru (BPG) di Indonesia.

Kegiatan ini sebelumnya telah digelar di Kabupaten Maros, dan Makassar menjadi kota kedua penyelenggaraan untuk tahun ini.

Program kepedulian terhadap pendidikan, utamanya memberikan pelatihan bagi guru sudah sejak lama didilakukan. Apalagi memang total alokasi dana CSR PT Charoend Pokphan Indonesia sebesar 80 persen untuk sektor pendidikan.

Salah satunya melalui program BPG. Bersama Fakultas Psikologi Undip, 2.224 guru dari Sumatra hingga Papua diberikan pelatihan pengembangan diri yang Inspiratif, Dedikatif, Empatik, ber Akhlak mulia dan berbudi Luhur (IDEAL).

Sekjen Charoen Pokphand Foundation Indonesia, Andi Magdalena Siadari mengatakan, progam ini dilaksanakan sebagai wujud bakti perusahaam kepada para guru untuk membantu pembentukan karakter ke-Indonesiaan bagi siswanya.

“Progam ini menekankan sikap moral yang mewujudkan tekad untuk memberi yang terbaik kepada bangsa, sebagai Guru ideal yang mampu menjadi dambaan peserta didik, dan sosok guru yang mampu untuk menjadi panutan dan selalu memberikan keteladanan,” katanya.

Dalam pelatihan ini mengajarkan wajah guru yang selalu ceria, senang, dan selalu menerapkan 5S dalam kesehariannya yakni Salam, Sapa, Sopan, Senyum, dan Sabar yang diidolakan anak didik.

Sebelumnya, pada (13/9/2017) di GOR Tanjung Priok, Progam Bakti Pada Guru dengan target 1.000 Guru peserta pelatihan telah dicanangkan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud RI, Hamid Muhammad.

“Sampai dengan Juni 2018, Progam Bakti Pada Guru telah dilaksanakan di 28 tempat yang tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara hingga Papua,” katanya.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com